Penerapan Numbered Head Together dalam Pembelajaran Matematika tentang Konsep Himpunan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Bengkayang
Journal of Edukasi Borneo,
Vol. 2 No. 2 (2021),
2 April 2022,
Page 147-155
This study aime to describe the application of numbered heads together (NHT) in learning mathematics in sets. This research was a classroom action research (CAR) involving 30 students of secondary school. Data obtained from the results of observations in class and tests. The data, then, were analyzed descriptively. The findings of this study indicate that in cycle 1 the average score was 75.2 with a classical completeness percentage of 56.67% or as many as 17 students who completed while 13 students or 43.33% of students did not complete learning. In the second action the average value increased to 83.43 with the percentage of classical completeness that was 86.67% or as many as 26 students who had finished studying. Therefore, the use of the NHT type of cooperative learning model was effective in learning mathematics in class VII SMP Negeri in Bengkayang Regency.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan numbered head together (NHT) dalam pembelajaran matematika maeri himpunan. Penelitian ini merupakn penelitian tindakan kelas (PTK) yang melibat 30 siswa SMP. Data diperoleh dari hasil observasi di kelas serta tes. Data, kemudian, dianalisis secara deskriptif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata yaitu 75,2 dengan persentase ketuntasan klasikalnya yaitu 56,67 % atau sebanyak 17 orang siswa yang tuntas sedangkan 13 orang siswa atau 43,33 % siswa tidak tuntas belajar. Pada tindakan kedua nilai rata-rata meningkat menjadi 83,43 dengan persentase ketuntasan klasikalnya yaitu 86,67 % atau sebanyak 26 orang siswa yang sudah tuntas belajar bahkan pada tindakan II inilah persentase ketuntasan secara klasikal dapat mencapai ≥ 85 %. Oleh karena itu dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT efektif dalam pembelajaran matematika matematika di kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Bengkayang.
KATA KUNCI: matematika, PTK, pembelajaran kooperatif