Penilaian Dinamis terhadap Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Esai Argumentatif pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris: Sebuah Studi Kasus
Journal of Edukasi Borneo,
Vol. 4 No. 1 (2023),
30 April 2023,
Page 1 - 5
The purpose of this study was to describe the implementation of DA by a lecturer in teaching academic writing course in English education study programs in tertiary institutions in West Kalimantan, Indonesia. This was a single case study involving semi-structured interviews to collect the data. The data were, then, transcribed and analyzed thematically. To support these findings, five students involved in DA were also interviewed. The findings indicated that DA with multiple mediations could improve students' ability to write argumentative essays. Thus, the implications of this research revealed that mediation in the form of feedback and comments as well as the use of constructive words could foster enthusiasm or motivation to learn so that students' writing skills become better.
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan DA oleh dosen pengampu mata kuliah menulis akademis pada program studi Pendidikan bahasa Inggris di perguruan tinggi di Kalimantan Barat, Indonesia. Penelitian ini merupakan studi kasus Tunggal yang melibatkan 1 dosen. Wawancara dalam bentuk semi-terstruktur digunakan untuk memperoleh data. Hasil wawancara, kemudian, ditranskrip dan dianalisis secara tematis. Untuk mendukung temuan ini, lima mahasiswa yang terlibat dalam DA juga diwawancarai. Adapun temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan DA dengan melibatkan mediasi yang beragam dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis esai argumentatif. Dengan demikian, implikasi penelitian ini mengungkap bahwa mediasi dalam bentuk feedback dan komentar serta penggunaan kata-kata yang konstruktif dapat menumbuhkembangakan semangat atau motivasi belajar sehingga kemampuan menulis mahasiswa menjadi lebih baik.
Kata Kunci: DA, menulis akademis, pendidikan bahasa Inggris.