Penerapan Pendidikan Karakter Peduli Sosial dan Toleransi Peserta Didik di Sekolah Inklusi
Journal of Edukasi Borneo,
Vol. 1 No. 1 (2020),
8 October 2021
,
Page 1-9
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan, kendala, solusi, serta perilaku yang ditunjukkan peserta didik dalam penerapan pendidikan karakter peduli sosial dan toleransi peserta didik di Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Surabaya, Indonesia. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data prosedur Miles and Huberman. Hasil penelitian yang ditemukan meliputi: 1) penerapan, dengan menggabungkan peserta didik normal dan inklusi ke dalam kelas reguler dan pengembangan, serta diskusi kelompok. Membiasakan dan memberikan contoh melakukan aksi sosial, menasihati agar saling menyayangi, menghormati dan menghargai; 2) kendala dan solusinya, peserta didik inklusi kesulitan dalam mengikuti pembelajaran, jika merasa bosan jalan-jalan, mengganggu teman, menangis, menyakiti, bertengkar, dan kurangnya GPK untuk peserta didik inklusi. Cara mengatasinya, peserta didik normal membimbing temannya inklusi, mengajak duduk, jalan-jalan di luar kelas, menenangkan, memberikan nasihat. Keterlibatan guru pendamping dalam membimbing peserta didik inklusi; 3) sikap peduli sosial dan toleransi yang ditunjukkan peserta didik, yaitu berbagi, mengucapkan terima kasih, meminjamkan barang, minta maaf, membantu, menghormati dan menghargai, serta menyayangi.
ABSTRACT
This study aimed to describe the application, constraints, solutions, and behaviors shown by students in the application of character education for social care and tolerance at State Elementary Schools (SDN) in Surabaya, Indonesia. The study used a qualitative approach by employing observation, interviews, and documents to collect the data. The data were, then, analyzed by Miles and Huberman’s procedures. The findings showed: 1) application, by combining normal and inclusion students into regular and development classes, as well as group discussions. Familiarize and provide examples of social action, advise to love, respect, and appreciate each other; 2) constraints and solutions, inclusion students have difficulty following learning, if they feel bored traveling, disturb friends, cry, hurt, fight, and lack GPK for inclusive students. The way to overcome this, normal students guide their inclusion friends, invite them to sit down, take a walk outside the classroom, calm down, give advice. The involvement of assistant teachers in guiding inclusive students; 3) the attitude of social care and tolerance shown by students, namely sharing, saying thanks, lending goods, apologizing, helping, respecting and appreciating, and cherishing.
KEYWORDS: character education, social care, tolerance, inclusive schools.
- pendidikan karakter;
- peduli sosial
- toleransi
- sekolah inklusi
How to Cite
References
Aisyah, dan Ali, M. (2018). Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenamedia Group.
Asmani, Jamal Ma’mur. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Cresswell, John. W. (2019). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 Tahun 2003 Pasal 32 tentang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus. Jakarta: Depdiknas.
Herawati, Nenden I. (2010). “Pendidikan Inklusif.” Dalam Jurnal Pendidikan Dasar, Online, 5(1): 1-4, http://ejournal.edu/index.php/eduhumaniora/articleview/2755/1795, diunduh 16 Agustus 2019 pukul 24.49.
Kementrian Pendidikan Nasional. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Masrukhan, Ashan. (2016). “Pelaksanaan pendidikan karakter peduli sosial di SD Negeri Kotagede 5 Yogyakarta.” Jurnal pendidikan Sekolah Dasar, 29(5): 1-9.
Muchlas, Samani dan Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Munir, Abdullah. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Karakter Anak Sejak dari Rumah. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.
Soryani, Sri. (2015). Penanaman Sikap Toleransi di Kelas V SD Negeri Siyono III Kecamatan Playen Kabupaten Gunung kidul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 16(4): 1-10.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Supriyanto, Agus & Wahyudi, Amien. 2017. Skala Karakter Toleransi: Konsep dan Operasional Aspek Kedamaian, Menghargai Perbedaan dan Kesadaran Individu. Jurnal Ilmiah Counsellia, 7(2), 61-70.
- Abstract Viewed: 356 times
- PDF Downloaded: 421 times