Pembelajaran Bahasa Inggris Berbantuan Blog dan Smartphone dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Recount Text
Journal of Edukasi Borneo,
Vol. 3 No. 2 (2022),
18 October 2022,
Page 12-17
This study aimed to describe the use of blogs and smartphones in learning English in a class X high school in Pontianak, West Kalimantan. This research employed a classroom action research involving 30 students and a collaborator. This research procedure involved four phases, planning, implementation, observation, and reflection. The data collection used pre- and post-test and direct observation. Observation was carried out by observing directly the learning process in classroom. Then, the data were analyzed descriptively. The findings of this study indicated that the integration of the use of blogs and smartphones could improve student activities and learning achievement. Thus, the implication of using blogs and smartphones was to help improve teaching and learning of English in learning to reading comprehension on recount text as knowledge in educational practice at the high school level.
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan blog dan smartphone dalam pembelajaran bahasa Inggris di salah satu sekolah menengah atas (SMA) kelas X di Pontianak, Kalimantan Barat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang melibatkan 30 siswa dan seorang kolaborator. Prosedur penelitian ini melibatkan empat fase, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan dilakukan dengan menggunakan pra-dan pasca-tes dan observasi langsung. Observasi dilakukan dengan mengamati langsung pembelajaran di kelas. Kemudian, data dianalisis secara deskriptif. Adapun temuan penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi penggunaan blog dan smartphone dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dengan demikian implikasi penggunaan blog dan smarphone membantu meningkatkan pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris dalam pembelajaran membaca pemahaman recount text sebagai salah satu pengetahuan dalam praktik pendidikan di tingkat SMA.
KATA KUNCI: blog, membaca pemahaman, SMA, smartphone